5 Penyebab Anak Membangkang Pada Orangtua dan Cara Mengatasinya

5 Penyebab Anak Membangkang Pada Orangtua dan Cara Mengatasinya

Tak ada orangtua yang ingin anaknya degil apalagi sampai membangkang dengan perintahnya. Semua orangtua ingin punya anak yang penurut, soleh dan solehah.

Jika ada anak sampai membangkang mungkin karena disebabkan beberapa hal berikut ini:

1. Mencari Perhatian Orangtua

Anak pembangkangan mungkin kerana kurangnya perhatian orangtua pada si anak sehingga sebagai bentuk ekspresinya ingin diperhatikan dengan sikap yang membangkang dengan keinginan dan perintahnya.

2. Menunjukkan Jati Diri

Anak membangkang pada orang tuanya dengan tujuan ingin memperlihatkan jati dirinya kalau boleh melakukan apa yang ia inginkan, tanpa dipengaruhi orang tuanya dan orang lain.

3. Orang tuanya Juga Membangkang

Sikap anak yang suka membangkang sering melihat orang tuanya suka membangkang, dan anak meniru sikap itu.

4. Pengaruh Lingkungan

Anak membangkang lebih pengaruh lingkungan sekitar dan pergaulan yang tidak dikontrol.

5. Tidak Tahu Aturan Allah

Pangkal dari sikap anak yang membangkang kerana diajari aturan Allah dan kerana tergoda naf su amarah.

Dalam mengatasi anak yang membangkang, harus dicari tahu dulu penyebab membangkang. Jika anak membangkang karena ingin diperhatikan maka langsung memberi perhatian saat sedang membangkang.

Namun tunggulah kondisi tenang dan normal. Sebab jika langsung diperhatikan saat anak membangkang, maka akan tertanam dalam hatinya bahawa jika ingin diperhatikan maka anak akan membangkang. Dan Ini berakibat tidak baik dari sisi pendidikan dan pembinaan anak.

Cara yang tepat dalam memberikan wejangan dan doktrinisasi pada anak agar tak membangkan dengan menanamkan pemahaman yang baik menirukan sikap patuh pada aturan dan mencontohkan tauladan yang baik.

Berikan pengarahan yang telaten jika ia berbuat salah bukan dengan cara mengan cam dengan huku man atau menakut-nakuti.

Selain dengan upaya di atas, juga jangan lupa berdoa memohon kepada Allah agar anak anak kita menjadi anak anak soleh solehah berbakti kepada Allah, Rasul dan orang tua. Karena doa orang tua untuk anak adalah salah satu doa yang diijabah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*