Anak Boleh Hadiahkan Doa Terbaik Untuk Ibu Ayah, Ini Doa Harian Wajib Kita Amalkan Sesudah Solat

Anak Boleh Hadiahkan Doa Terbaik Untuk Ibu Ayah, Ini Doa Harian Wajib Kita Amalkan Sesudah Solat

Tidak harus menunggu hari ibu untuk memberikan hadiah pada mereka, setiap hari pun boleh, malahkan hadiah terbaik dan sangat istimewa berguna untuk akhir hanyatnya nanti, amalkan setiap hari setelah selesai solat wajib 5 waktu.

Meski tidak harus menunggu Hari Ibu yang datang setiap tahun sekali, namun Ibu-Ibu tentu akan senang meski hanya diberi sebuah kad ucapan selamat dan pelukan, diiringi oleh doa. Sebagai seorang anak kita pasti ada rasa ingin memberikan hadiah terbaik bukan?

Sebagai bakti pada orangtua, khususnya ibu, sudah seharusnya anak mematuhi nasihat dan bimbingannya. Sebab, tiap anak tak dapat membalas jasa ibunya, walaupun dengan cara apapun. Namun, anak masih boleh berbakti dan taat pada orangtua, salah satunya dengan cara mendoakan ibu dan ayahnya.

Seperti disebutkan dalam hadist sahih berikut:

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Jika seseorang mening gal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

Berikut ini adalah sejumlah doa harian yang baik diamalkan tiap anak sebagai baktinya pada ibu dan ayah, disarikan banjarmasinpost.co.id dari berbagai sumber:

Bacaan Doa Untuk Kedua Orang Tua

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Alloohummaghfirlii waliwaalidayya warham humma kamaa rabbayaa nii shaghiiraa

Artinya:

“Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil”

Doa Mohon Ampunan Dosa Untuk Kedua Orang Tua

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ،اَلْاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiro, waliljamii’il muslimiina walmuslimaati, walmu’miniina wal mu’minaati Al ahyaa’i minhum wal amwaati, wataabi’ bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur roohimiin, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil’aliyyil adhiimi.

Artinya :

“Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah mening gal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan.

Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.

Demikian doa untuk Ibu dan ayah yang boleh diamalkan tiap selesai Solaat Lima Waktu. Semoga boleh diamalkan dan bermanfaat.

Sumber: Detikperjvangan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*