10 Doa-Doa Ringkas Yang Dibaca Dalam Sujud dan Sebelum Salam

10 Doa-Doa Ringkas Yang Dibaca Dalam Sujud dan Sebelum Salam

Top ten doa ringkas dan pendek yang sering dipanjatkan. Tentu saja doa-doa lainnya pun tidak dilupakan terutama doa-doa memohon keampunan. Misalnya, doa Nabi Adam as.

‘Robbana dzolamnaa anfusanaa wa illam taghfirlanaa wa tarhamnaa lanakuunanna minal khoosiriin’ (QS. Al A’raf: 23).

Artinya, ‘Ya Tuhan kami, kami sudah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi’.

Sering memanjatkan doa tersebut akan membuat hati lembut kerana mengingatkan kepada dosa-dosa yang sudah dilakukan. Hal ini akan mendekatkan diri kepada jalan taubat dan ingat kampung halaman yang sesungguhnya, yaitu akhirat.

Berikut adalah top ten doa yang hendaknya sering dipanjatkan. Doa-doa ini diucapkan dalam sujud dan sebelum salam. Doa ini sering diucapkan oleh Rasulullah saw terutama untuk nombor 1 dan nombor 2.

1. ‘Yaa Muqollibal Qulub Tsabbit Qolbi ‘Alaa Diinik’ (Wahai Zat yang Maha Membolakbalikan hati, teguhkan hatiku diatas agama-Mu).

2. ‘Allahumma a’inni ‘ala dzikrika wa syukrika wa husni ‘ibadatik’ (Ya Allah, tolonglah aku agar selalu mengingat-Mu, bersyukur kepada-Mu, dan memperbagus ibadahku padaMu) (HR. Abu Daud dan Ahmad)

3. ‘Allahumma atina fid-dunya hasanatan, wa fil-akhirati hasanatan, wa qina ‘adhabannar” (HR. Bukhari dan Muslim)

4. ‘Allahumma inni as’alukal-huda, wat-tuqa, wal-‘afafa, wal-ghina’ (HR. Muslim)

5. ‘Allahumma inni as aluka ‘ilman naafi’aa wa rizqan toyyibaa wa ‘amalan mutaqabbalaa’ (Ya Allah, sungguh aku memohon kepadaMu ilmu yang manfaat, rizki yang baik dan amal yang diterima’) (HR. Ibnu As-Sunni dan Ibnu Majah)

6. ‘Rabbi hablii minashshaalihiina’ (Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.) (QS. Ash-Shaaffat: 100)

7. ‘Allahumma inni as-aluka ridhoka wal-jannah wa-a’uzubika min sakhathika wanna’ (Ya Allah, kami mohon kehadirat-Mu untuk mendapatkan keridhaan-Mu dan surga-Mu. Kami berlindung dari kemurkaan-Mu dan siksa neraka)

8. ‘Rabbighfirli waliwalidayya warhamhuma kama rabbayani shaghiran’ (Ya Tuhanku, ampunilah dosaku dan dosa ayah serta ibuku, kasihanilah mereka sebagaimana kasih mereka padaku sewaktu aku masih kecil)

9. Doa minta ma ti sy4hid seperti yang diucapkan oleh Umar bin Khatab Radhiyallahu‘anhu.

اللَّهُمَّ ارْزُقْنِى شَهَادَةً فِى سَبِيلِكَ ، وَاجْعَلْ مَوْتِى فِى بَلَدِ رَسُولِكَ – صلى لله عليه وسلم

Ya Allah berikanlah aku anugrah ma ti sya hid di jalan-Mu, dan jadikanlah kema tianku di negeri Rasul-Mu Shallallahu ‘alaihi wa sallam. (HR. Bukhari 1890)

10. ‘Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak’

(Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu. (HR. Tirmidzi no. 3563, hasan kata Syaikh Al Albani)

Doa lain yang juga patut dipanjatkan adalah

‘Allahumma inni a’udzu bika minal ‘ajzi, wal kasali, wal jubni, wal haromi, wal bukhl. Wa a’udzu bika min ‘adzabil qobri wa min fitnatil mahyaa wal mamaat’

(Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua, dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari sik sa ku bur serta bencana kehidupan dan kema tian) (HR.Bukhari no. 6367 dan Muslim no. 2706)

Sumber: dah4gacinta

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*